Laporan Mingguan Pratikum Biologi Sitologi morfologi tumbuhan, anatomi tumbuhan,pisces, amphibi, aves, dan mamalia.

LAPORAN MINGGUAN PRATIKUM BIOLOGI SITOLOGI MORFOLOGI TUMBUHAN, ANATOMI TUMBUHAN,PISCES, AMPHIBI, AVES, DAN MAMALIA.



I  PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang

            Ilmu biologi merupakan ilmu atau cabang pelajaran yang mempelajari tentang makhluk hidup dan hubungannya dalam kehidupannya dalam interaksinya.Makhluk hidup itu mencakup manusia, tumbuhan, dan binatang. Dan segala interaksi makhluk hidup itu dapat diterapkan ataupun menjadi proses pembelajaran oleh makhluk yang lebih tinggi yakni manusia.
            Sitologi merupakan ilmu yang mempelajari tentang sel. Dan pada umumnya sel didefenisikan sebagai unit terkecil dari organisme hidup yang memiliki fungsi struktural,fungsional,dan hereditas. Gambar akan penemuan sel oleh Robert Hooke pada tahun 1665 yang menemukan adanya sayatan tipis gabus botol yang dinamai dengan sel. Dan sel ini secara umum mempunyai dua struktur yakni protoplasma (bagian sel yang hidup) dan dinding sel (bagian sel yang mati). Morfologi tumbuhan merupakan bagian ilmu dari botani yang khusus mempelajari bentuk luar dari suatu tumbuhan yang dapat dilihat dengan mata biasa. Hijauan makanan ternak menjadi objek pengamatan dalam bentuk morfologinya. Tumbuhan mempunyai bagian struktur morfologi yaitu akar, batang, daun, bunga, dan buah. Dalam hal ini yang menjadi bahan utama pengamatan morfologi adalah rumput (graminae) dan leguminosa (kacang-kacangan).
            Anatomi tumbuhan didefenisikan sebagai bagian dari ilmu botani yang mempelajari bentuk dan susunan bagian dalam dari tumbuh-tumbuhan. Anatomi tumbuhan ini mencakup 3 (tiga) bagian : sel, jaringan tubuh, dan organ tubuh. Dalam jaringan tubuh, jaringan didefenisikan sebagai kumpulan sel yang mempunyai bentuk, asal, struktur, dan fungsi yang sama dalam satu kesatuan yang padu. Organ tubuh ini mencakup anatomi pada akar, batang, daun, dan bunga. Pisces merupakan bagian daripada makhluk hidup yang dikelompokkan dalam satu klasifikasi bagian daripada ikan. Jenis ikan yang sering dikonsumsi adalah ordoTeleostei. Dalam hal ini yang dipandang secara penting yakni morfologi dan juga anatomi daripada pisces. Dan yang mewakili spesies teleostei
ini adalah ikan mas (Cyprinus carpio). Morfologi pada pisces ini mencakup 3 bagian yakni caput (kepala), truncus (badan), dan cauda (ekor). Dan anatominya mencakup organ-organ daripada pisces itu serta bagiannya.
            Amphibi merupakan vertebrata yang hidup di dua tempat yakni di darat dan di air. Spesies yang mewakili amphibi ini adalah katak (Rana sp),alasan dalam mewakilinya yaitu karena spesies mudah diperoleh dan diamati, cara hidupnya sederhana, ukuran tubuh besar, dan menunjukkan persamaan dalam bentuk dan fungsi dengan vertebrata tingkat tinggi. Pada amphibi ini morfologinya mencakup 3 (tiga) bagian yaitu caput (kepala), truncus (badan), dan extremitas.
            Aves merupakan spesies unggas atau burung yang memiliki ciri khusus yakni mempunyai bulu yang menutupi tubuhnya. Pada aves ini spesies yang mewakili adalah ayam (Gallus gallus). Ciri khas dari aves ini yaitu merupakan hewan yang homoiterm yakni suhu tubuhnya tidak dipengaruhi oleh suhu lingkungan. Morfologi dari aves ini mencakup 4 (empat) bagian yaitu caput (kepala), collum (cervix) yang diselubungi oleh bulu, truncus (badan), dan cauda(ekor) yang pendek.
            Mamalia merupakan kelompok hewan yang mempunyai ciri yaitu hewan beternak, menyusui dan bernafas dengan paru-paru. Mamalia  juga disebut hewan yang berkelenjar susu untuk menyusui anaknya. Yang mewakili spesies ini adalah adalah kelinci yang disebut dengan tetrapoda (hewan yang mempunyai 4 buah kaki atau 2 pasang kaki). Morfologi dari mamalia ini mencakup 4 (empat) bagian yaitu caput (kepala), truncus oleh 2 pasang extremitas, collum (batas antara truncus dan caput), dan cauda yang pendek.

1.2 Tujuan dan Manfaat
             Adapun tujuan dilaksanakan praktikum biologi dasar ini adalah supaya kita mengetahui bagaimana cara melaksanakan serta menerapkan hasil pengamatan pada praktikum tersebut. Materi tersebut yaitu sitologi, morfologi tumbuhan, anatomi tumbuhan,pisces, amphibi, aves, dan mamalia. Selain melaksanakan dalam praktikum, kita juga mengetahui tentang materi yang dipraktikumkan dan lebih mudah dalam mempelajarinya pada mata kuliah biologi dasar. Dan juga mengaplikasikan dari teori-teori yang sudah didapatkan dan dipelajari. Serta menyimpulkan hasil-hasil dalam bentuk tulisan maupun lisan yang kiranya dapat menjadi titik acuan pembelajaran bagi kita bersama.
            Manfaat yang kita peroleh dari adanya praktikum ini adalah dengan adanya hasil dari praktikum yang telah dilaksanakan, maka dapat digunakan menjadi titik acuan dan bahan perbandingan serta masukan bagi kita semua dalam mata kuliah biologi dasar. Dan manfaat lainnya yaitu dalam memenuhi syarat tugas mata kuliah ini.


Download Dokumen ini dengan klik DISINI ....


ViewCloseComments